Minggu, 13 Juni 2010

Bingung mo nulis apaan…?!


Bingung mo nulis apaan…?!
Kondisi kayak gini We e e e e.. santai bos, (mukanya gak usah dibikin jelek gitu, dah dari sono- nya jelek jadi tambah jelek kan!)
gak Cuma saya yang ngerasain, apa lagi awal- awal miara blog, bueeh…gak nanggung- nagging mentoknya. Mpe pernah saya ketiduran waktu lagi tulis- tulis gini, bukanya kecapean karena udah nulis banyak…tapi karena gak da ide mo nulis pa, tapi tuntutan deadline harus terpenuhi buat melatih disiplin (kalo mau jadi juara harus disiplin!) ketiduran sambil pegang notebook trus mpe bikin pulau dari iler bukan hal yang aneh buat saya (bangga banget Om!). And kalo kamu mau tau, faktanya pun seorang penulis sekaliber Perotta, Cook, juga GAK luput ngelakuin hal kayak gini…tentunya gak pake ngiler kayak saya..hee, mereka juga terkadang mendapati diri pada kondisi blank kayak yang pernah saya alamin..hmm,
Tulisan ini saya persembahkan buat temen saya Nur Qurain yang da di pulau Sumbawa, “Prok- prok- prok..!!!” (semua tepuk tangan buat Bu Nur) hee…
Apa, pengen liat fotonya mbak Nur?! Dasar, tau aja kalo da yang cantik lewat blog saya!! Hohoho… boleh- boleh, ni tak kasih liat………tunggu bentar tak liat folder notebook dulu, (kmaren disimpen di folder mana yak….?!) katanya lagi nge-hank otaknya kalo diajak tulis- tulis buat blog. She said “Knapa yak?!”
Hemm… mana yak fotonya?!
………bentar- bentar……..wokey here it is….>>>
>>> Hehehe… cantik khan…..(hee..gak jelas nih, yang mana donk?!)


Yang mana?
>>>Taraaaaa....Yang ini- nih…>>>  ,BeTeWe, sorry nih yak buat temen- temen yang tadi ngerasa ada di poto tiba- tiba ilang gak da mukanya lagi, terpaksa harus saya potong dan cabik- cabik wajah kalian dengan sadis dan bengis….hohoho, jadi kepotong deh…hee… (jelek- jelek punya bakat mutilasi ya?) hee.. biasa mutilasi kambing ma Sapi di kampung kalo lagi lebaran Iedul- Adha! (Puas?!)
Hemm..kembali pada pendapat awal saya, setiap manusia memiliki titik jenuh. Dan itu bukan penyakit yang harus dihindarin… karena menurut saya hal- hal semacam ini terkadang perlu buat me- refresh ruang- ruang mega hardisk kita yang ada di otak. Kasian kan otaknya kalo dipake terus tapi gak pernah di refresh…tapiiiii…, tetep aja jangan sampe keterusan…nah kalo udah keterusan, itu beneran jadi bahaya!. Karena yang seperti itu namanya penyakit... “apa anak- anak?!”
M. A. L. A. S
“Bagus…hee”
Menurut saya penanggulangan yang paling tepat adalah… CALM DOWN.
Gak da yang bisa gantiin kata ini kalo saya lagi nge- blank! Dan sebenernya banyak cara buat masing- masing individu manusia melakukannya, pastinya itu berbeda.
Hmm. Sebentar da yang telpon………………….>>>
Wokey lanjut…, mpe mana tadi?! Owya…
Jadi seperti yang saya ungkapin diatas tadi…bahwa setiap orang memiliki cara tersendiri dalam hal me- refresh otak, nah buat yang satu ini kawand- kawand semua pasti setuju khan!?
Contohnya saya, hmm… biasa langsung tidur, atau jalan-jalan kecil, atau minum segelas air segar sambil liat- liat keadaan sekeliling yang bikin segar… udah cukup buat me- refresh kesegaran otak! Then ready to write again…,
Kalau kawand? Hmm..kalo belum punya, coba deh cari kebiasaan kecil yang bikin kamu senang kalo lagi ngelakuinnya.. trus coba untuk menelan pil ketenangkan… karena ketenangan memegang kunci mendasar atas keberhasilan atas usaha apa pun!!! Catet tuh…hee..
Kemudian hal yang biasanya terjadi adalah ketika berniat menulis terkadang kita sering terbentur dengan hal- hal mendasar dalam menulis, mulai dari gaya bahasa yang ingin kita gunakan, gaya bahasa tulis yang menurut kita harus kita banget, informasi tentang tulisan sebagai ide tambahan, dE eL El.
Kalo masalah diatas memang menjadi hambatan kawand- kawand dalam menulis, hmm… tenang ja! Karena menurut saya ada satu istilah yang bisa kamu gunain, “Be Your self”. Be your self- lah sewaktu menulis, be your self- lah mengunakan bahasa, gaya bahasa tulis- mu segokil dan segila mungkin dengan gaya maksimal mu, just freed your hand to write..! gunakan imajinasi mu seluas- luasnya… bayangkan dirimu kawand berada pada situasi yang menyenangkan sewaktu menulis benar- benar bebas sesuai dengan gaya mu! Kebiasaan menulis akan membentuk pribadi manusia yang sesungguhnya, seolah kawand berada di tanah, pulau, negara, benua, dan dunia sendiri berhak melakukan apa saja (dalam hal ini menulis apa saja dengan gaya apa pun) di belantara galaksi di Universe… seru kan?!
Dan yang terakhir adalah, biasanya kita terbentur dengan masalah “PeDe”!, hmm… memang susah kalo kita harus bertemu dengan masalah ini… bukan masalahnya yang bakal bikin susah, tapi justru diri kita sendiri, karena mind set yang baik akan menentukan keberhasilan! Coba deh kita lihat apa yang dinamakan sukses dan orang- orang yang menurut kaca mata kita sudah sukses! Misalnya saya sebutkan saja, Artis idola anda, guru idola, tokoh- tokoh besar idola anda, De eL El. Apakah menurut kawand mereka semua lahir dan begitu saja menjadi tokoh besar dan sukses?! Jawabanya sudah pasti enggak! Masing- masing mereka punya gaya yang berbeda. Dan karena mereka berbeda mereka memiliki tempat dihati penikmat karya- karya nya! 
Jadi mind set yang baik lah yang akan mengantarkan kita pada dunia PeDe… hmm, tulisan kita akan mewakili sifat kita! Dengan perjalanannya waktu kawand akan menemukan gaya menulis masing- masing…
So, kalau udah calm down gak da alasan lagi kan buat ninggalin kegiatan seru menulis!
Nah itu sedikit tips dari saya, kalo kawand- kawand punya tips unik dan menarik, juga bisa dibagi disini…semoga bermanfaat!!!
 Selamat menulis kawand! Karena lewat membaca dan menulis manusia modern- beradab ada dan berkembang .   ^_^




5 komentar:

  1. betul..betul..betul,thanks tipsnya smg kita2 sbg pembaca brani mencoba!

    kata orang seh salah satu kendala menulis itu malasnya "memulai" tapi kalo udah mulai sekali pasti ide akan muncul terus, apakah seperti itu mas agra???

    btw...Hore photoku di pajang..hmmm untuk ku manis disitu jg ngk malu2in...hehe

    BalasHapus
  2. thanks ya atas tipsnya, smg kami pembaca bisa mpraktekkan tipsnya...

    BalasHapus
  3. U get it! absolutely true.. try to start from everthing that u like...hohoho, gaya banget ya saya?! pke bahasa inggris..padahal kamus segepok lagi ddpn..

    y tunggu ja kabar2 cerita3 dan lain2ny disini Nur!

    BalasHapus
  4. Wahhh,, Cantik banget ceweknya.. hihihihi..
    Makasih sob udah berkunjng ke blog aq..
    Salam :)

    BalasHapus