Minggu, 28 Agustus 2011

Malu Bertanya tersesat di blog

Blog pada dasarnya bukan lah barang baru bagi orang - orang yang suka blog-walking, 
setelah ane pelajari perilaku massa di indonesia khususnya mengenai dunia maya, kebanyakan dari mereka menganggap bahwa setting blog adalah sama dengan situs pertemanan lainnya. hal ini kemudian mengakibatkan lemahnya pengguna blog jika kita bandingkan dengan pengguna situs pertemanan lain yang terlanjur populer seperti FB, Twitter, Plurk, dan lain sebagainya. 
Karakter blog yang dianggap sama ini kemudian menjadi hal utama yang menyebabkan pengguna dunia maya terkesan enggan mempelajarinya. karena mereka disibukkan oleh situs pertemanan seperti yang ane sebutkan diatas tadi, meskipun pada kenyataannya karakter blog sangat jauh berbeda, bahkan mungkin bertolak belakang. Hal ini kemudian membuat blog menjadi lemah penggemar disamping setting pengguna yang terkesan rumit bagi pemula. 
Blog memberikan sensasi berbeda bagi pengguna yang telah lama berkecimpung di layanan ini, karena sifatnya yang lebih fleksibel dan tidak kaku dengan penyediaan program dan fitur dari server. Di dalam blog, seorang blogger dimungkinkan menambah dan mengurangi aplikasi sesuai dengan kebutuhan termasuk dalam hal setting mempercantik tampilan blog. 
Penting bagi seorang pemula blog untuk melakukan blog-walking sebelum memulai menjalankan blog, blog- walking dapat dilakukan dengan bertanya dan mengumpulkan sebayak mungkin informasi mendasar mengenai bagaimana memulai dan berperilaku dalam blog agar bloger mampu membentuk ke-khasan tipe blognya sendiri. Lebih baik bertanya dari pada tersesat...sayang kan, sudah susah -susah mendaftar namun akhirnya tak pernah digunakan...salam bloger...

2 komentar:

  1. bener,, Setiap karakternya beda banget..
    Tapi ternyata faktanya, Blog itu gak kehilangan penggemar, kayak sosial media yang lain, liat aja Friendster yang sudah ditinggalin di Indonesia. Blog justru makin diminati.

    BalasHapus
  2. Bedanya di blog harus sedikit rajin and sabar dalam melatih kebiasaan menulis..so, blog bukan tempat update status tpi tempat update tulisan..haaahaa sygnya kbnyaakn lbh suka update status dripd buat tulisan..

    BalasHapus